Selamat datang di blog Wildan Wiarta

Daftar Isi

Daftar 4 Rumah Sakit Khusus Infeksi di Indonesia

Rumah Sakit Khusus Infeksi merupakan RS yang secara khusus berfokus dalam mengatasi masalah kesehatan terpatnya penyakit infeksi. Maka dari itu RSK infeksi juga biasa disebut dengan RS Penyakit Infeksi (RSPI).













Rumah Sakit Khusus Infeksi di Indonesia
Daftar Rumah Sakit khusus infeksi


Penyakit infeksi adalah penyebab paling utama dari tingginya angka kematian tepatnya di negara berkembang seperti Indonesia. Organisme seperti bakteri, virus, jamur, bahkan parasit merupakan penyebab dari penyakit infeksi ini.




Daftar Isi



Beberapa organisme ini dapat hidup di dalam tubuh manusia, dan terkadang juga memberikan manfaat bagi tubuh kita. Namun, dalam kondisi tertentu, sekumpulan organisme tersebut juga dapat menyebabkan munculnya sebuah penyakit.



Penyakit infeksi dapat menyebar atau menular melalui beberapa hal, seperti kontak langsung dengan dengan orang yang terinfeksi, gigitan hewan, air atau tanah yang sudah terkontaminasi, bahkan melalui makanan.



Upaya penyembuhan dan pengobatan penyakit infeksi ini bisa dilakukan di fasilitas layanan kesehatan seperti tempat prakterk dokter mandiri, puskesmas, klinik, dan rumah sakit.



Rumah Sakit Khusus Infeksi di Indonesia


Menurut World Health Organization, Rumah Sakit adalah suatu bagian dari organisasi medis dan sosial yang mempunyai fungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan lengkap kepada masyarakat, baik kuratif maupun preventif pelayanan keluarnya menjangkau keluarga dan lingkungan rumah.



Rumah sakit khusus merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu, berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ, jenis penyakit dan kekhususan lainnya. Rumah sakit khusus infeksi ini menyediakan pengobatan dan penanggulangan penyakit menular dengan adanya tambahan ruang isolasi.



Penyakit infeksi ini juga terdiri dari beberapa jenis dan penyebab yang mengakibatkan masalah kesehatan yang berbeda-beda, berikut adalah penjelasannya.



  • Infeksi Bakteri,contohnya Infeksi saluran kemih (ISK), Keracunan makanan (akibat bakteri Coli, Salmonella, atau Shigella), Gonore, Klamidia, Sifilis, Tuberkulosis, Pneumonia, Kolera, Botulisme, Tetanus.

  • Infeksi Virus, contohnya COVID-19, Influenza, Campak, Rubella, Cacar air, Polio, Human immunodeficiency virus (HIV), Human papillomavirus (HPV), Hepatitis, Demam berdarah, Rabies, Meningitis, Ebola.

  • Infeksi Jamur, contohnya Infeksi jamur vagina, Kurap, Kutu air, Aspergillosis, Histoplasmosis, Infeksi kriptokokus, Otomikosis.

  • Infeksi Parasit, contohnya Malaria, Toksoplasmosis, Trikomoniasis, Giardiasis, Infeksi cacing pita, Infeksi cacing gelang, Kutu rambut, Kudis.



Berikut adalah daftar rumah sakit khusus yang menangani penyakit infeksi di Indonesia saat ini yang bersumber dari sirs.yankes.kemkes.go.id dan juga sumber lain.



Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso


RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso terletak di Jl. Sunter Permai Raya No.2, RW.12, Papanggo, Kec. Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14340. RSPI SS ini merupakan milik Kementerian Republik Indonesia (Kemkes).













Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso
RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso


RSPI Sulianti Saroso ini didirikan pada tahun 1985 yang bertujuan untuk menampung penderita cacar dari Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan asal nama diambil dari nama Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso, MPH karena jasanya yang besar terhadap dunia kesehatan di Indonesia. Beliau berperan besar dalam pembasmian wabah cacar.



RSPI Sulianti Saroso memiliki tugas pokok yaitu Menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan kekhususan pelayanan kesehatan di bidang penyakit infeksi.



Daftar Layanan RSPI Sulianti Saroso




Blogger | Health Information Management | Casemix

Post a Comment