Selamat datang di blog Wildan Wiarta

Daftar Isi

Daftar 3 Rumah Sakit Khusus Otak di Indonesia

Rumah Sakit Khusus Otak (RSK Otak) di Indonesia sudah mulai tersebar di seluruh Indonesia, baik dari wilayah Barat tepatnya pulau Sumatera, wilayah tengah di pulau Jawa, dan yang terbaru wilayah timur di pulau Sulawesi.













Rumah Sakit Khusus Otak
Daftar Rumah Sakit Khusus Otak


Saat ini di Indonesia permasalahan kesehatan tepatnya dalam bidang otak dan saraf (neurologi) cenderung semakin meningkat dari segi kasus dan cukup kompleks. Angka kejadian Stroke terjadi peningkatan dari tahun ke tahun.




Daftar Isi



Stroke sendiri merupakan kerusakan otak yang diakibatkan suplai darah ke otak. Tanpa darah otak tidak akan mendapat asupan oksigen serta nutrisi, yang mengakibatkan sebagian sel-sel yang letaknya di area otak akan mati. Mengakibatkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang mengalami gangguan/rusak tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.



Maka dari itu, Stroke masuk dalam kategori gawat darurat yang perlu ditangani secepat mungkin, karena bisa berakibat sel-sel otak akan mati dalam waktu singkat. Store adalah penyebab kematian dan kecacatan utama hampur di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia.



Oleh karena itu Pemerintah mendirikan Rumah Sakit Khusus Otak yang tersebat di wilayah Indonesia yang diharapkan menjadi tempat pelayanan kesehatan terkait secara komprehensif, serta bisa menjadi contoh dalam penanganan kasus otak dan saraf (neurologi).




Rumah Sakit Khusus Otak di Indonesia


Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat, maka rumah sakit khusus otak memiliki komitmen terutama yaitu, mengutamakan keselamatan pasien; kemudahan akses; dan kepuasan pelanggan. Serta senantiasa melakukan perbaikan perkembangan teknologi secara berkala sesuai kebutuhan pasien.



Selain komitmen di atas, RS khusus otak juga memiliki tugas yang harus dilakukan seperti menyelenggarakan upaya pencegahan, penyembuhan dan pemulihan di bidang otak dan saraf yang dilaksanakan secara serasi, terpadu, dan berkesinambungan dengan upaya peningkatan kesehatan lannya.



Berikut adalah daftar rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan khusus otak di Indonesia




Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono


Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono (RSPON) ini dibawah naungan Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan berlokasi di Jl. Letjen Mt. Haryono No.Kav.11, RT.1/RW.6, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630.












Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono
Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono

Rumah Sakit Pusat Otak Nasional yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang diresmikan pada tanggal 14 Juli 2014 oleh Presiden Republik Indonesia adalah Rumah Sakit khusus otak dan persarafan.


RSPON ini juga sebagai rujukan nasional, yang bisa melayani segala jenis permasalahan/penyakit otak dengan menggunakan alat diagnostik yang cukup canggih, antara lain:.



  1. CT Scan 256 Slices

  2. EEG (Electroencephalograph)

  3. Quantitative EEG (q-EEG)

  4. EMG (Nerve Conduction Velocity

  5. Needle EMG, Evolked Potential)

  6. Trans Cranial Doppler/Duplex Sonograph

  7. Neuro Optamology


Adapun layanan unggulan dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta yang bisa membantu menemukan/mendiagnosis serta mengatasi/menyembuhkan berbagai jenis penyakit pada otak, adapun layanan unggulannya adalah sebagai berikut.


Brain Check-Up


Brain Check-Up merupakan rangkaian pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi dini adanya masalah atau gangguan pada otak dan pembuluh darah otak (seperti infark/kematian sel otak, aneurisma, tumor dan lain-lain) sebagai upaya pencegahan/prevensi berkembangnya penyakit otak lebih lanjut.


Comprehensive Stroke Care


Comprehensive Stroke Care merupakan rangkaian pelayanan lengkap dan spesialis, untuk pengobatan stroke yang efektif, akurat dan cepat, serta mampu mengintervensi cepat untuk membedakan gejala stroke dan non-stroke.


Gangguan Memori dan Neurobehavior


Gangguan Memori merupakan keadaan dimana pasien tidak dapat untuk mempelajari informasi baru atau untuk memanggil kembali informasi yang sudah didapat sebelumnya. Gangguan memori merupakan keluhankognitif yang cukup sering terjadi pada pasien dengan sindrom behavioral organik.


Neurobehavior adalah subspesialis neurologi yang mampu mempelajari dasar neurologis dari perilaku, memori dan kognisi, dampak dari kerusakan saraf dan penyakit pada fungsi-fungsi ini, dan perlakuan tersebut.


Neurointensif


Neurointensif merupakan sebuah pelayanan rawat intensif tetapi fokus pada kelainan syaraf pusat dan syaraf tepi, tetapi berpotensial terjadinya ancaman pada kehidupan.


Neurointervensi


Neurointervensi adalah tindakan yang dilakukan pada pembuluh darah pada otak yang berfungsi membuka sumbatan (thrombectomi, rhtombolysis) pemasangan ring pada pembuluh darah otak, untuk menutup kebocoran pembuluh darah akibat kelainan bawaan atau untuk visualisasi pembuluh darah otak.


Brain Micro Surgery


Bedah mikro merupakan salah satu teknik bedah yang dilakukan dengan bantuan mikroskop untuk memperbaiki saraf pada organ tubuh yang mengalami kerusakan.


Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, seperti pendaftaran online, daftar poliklinik, dan lain-lain bisa kalian kunjungi langsung website resminya yaitu www.rspon.co.id.





Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi


Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi merupakan RS milik Kementerian Kesehatan (Kemkes) yang terletak di pulau Sumatera, tepatnya di Jl. Sudirman, Sapiran, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26137.












Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi
Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi

Rumah Sakit ini sebelumnya adalah Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittingi. Jika dilihat sejarahnya, rumah sakit ini cukup sering berganti nama, pertama kali namanya Rumah Sakit Imanuel Yayasan Baptis, kemudian berganti menjadi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP), berganti lagi menjadi Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN), dan kini berubah lagi menjadi Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta (RSODDMH).


Adapun penyebab bergantinya nama rumah sakit ini dikarenakan saat itu sudah tidak diperbolehkan menggunakan nama penyakit sebagai nama untuk rumah sakitnya, alhasil karena stroke ini mendekati organ tubuh yaitu otak, maka terciptalah nama yang sekarang.


Terdapat berbagai layanan unggulan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan dengan baik, antara lain sebagai berikut:



  1. Penyakit Cerebrovaskuler (Trombolisis)

  2. Neurorestorasi

  3. Poliklinik Stroke Check-up

  4. Neurointervensi/Cardiointervensi

  5. Poliklinik Eksekutif

  6. Painintervensi

  7. Pelayanan Neuro Diagnostik

  8. Neuro Surgeon


Untuk informasi lebih lanjut terkait Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi ini seperti tarif, pelayanan penunjang, poliklinik, pendaftaran, dan lain sebagainya bisa kalian lihat di www.rsstrokebkt.com.



Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung Pertamina Royal Biringkanaya


Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung (RSKOJ) Pertamina Royal Biringkanaya merupakan RS milik BUMN yang baru diresmikan pada hari Rabu tanggal 30 Maret 2022. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menteri BUMN Erick Thohir, bersama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.


Rumah sakit ini terletak di Jl. Pajjaiang, Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90552.












Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung Pertamina Royal Biringkanaya
Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung Pertamina Royal Biringkanaya


RSKOJ Royal Biringkanaya ini adalah Rumah Sakit Kekhususan Otak dan Jantung pertama yang dibangun oleh Pertamedika IHC, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain seperti di bawah ini.



  1. Instalasi Gawat Darurat (IGD)

  2. Ruang Radiologi CT Scan

  3. Magnetic Resonance Imaging (MRI)

  4. Rontgen

  5. Panoramic

  6. Ultrasonografi (USG)

  7. Cathlab Neuro dan Jantung

  8. Laboratorium

  9. Hemodialisa

  10. Rehab Medik

  11. Poliklinik

  12. Farmasi

  13. Ruang Rawat regular dan anak


    • Kelas 3

    • Kelas 2

    • Kelas 1

    • VIP dan VVIP


    • Intensive Care Unit (ICU)

    • Pediatric Intensive Care Unit (PICU)

    • Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

    • Ruang Operasi

  14. Dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.




Itulah daftar Rumah Sakit Khusus Otak di Indonesia sampai saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian, terima kasih sudah berkunjung.



Blogger | Health Information Management | Casemix

Post a Comment